0

YoExplore Merajut Partnership untuk Pemberdayaan Pokdarwis

Dua Tahun Giat dalam Pemberdayaan Pokdarwis Pasir Pawon, Stone Garden Geopark

YoExplore telah menyelenggarakan serangkaian pelatihan untuk pemberdayaan Pokdarwis Pasir Pawon sejak 2016. Pokdarwis Pasir Pawon adalah Komunitas Sadar Wisata di tingkat masyarakat yang menginisiasi dan mengelola destinasi wisata Stone Garden Geopark di Bandung Barat. Kerjasama meliputi diantaranya promosi/penjualan paket wisata Stone Garden serta pelatihan bagi komunitas. Kerjasama ini sungguh membuahkan hasil yang manis, baik dari sisi jumlah pengunjung yang meningkat maupun kapasitas Pokdarwis khususnya dalam memanfaatkan sosial media dan digital marketing.

YoExplore menginisiasi berbagai pelatihan bagi komunitas sebagai bentuk komitmen untuk berkontribusi nyata dalam pemberdayaan masyarakat. YoExplore memahami betul bahwa kearifan lokal dan keterlibatan masyarakat lokal adalah unsur utama di dalam menciptakan pariwisata yang berkelanjutan (sustainable tourism). Manfaat pelatihan sungguh dirasakan oleh peserta pelatihan, khususnya anak-anak muda anggota Pokdarwis Pasir Pawon. Pencapaian yang membanggakan adalah Pokdarwis Pasir Pawon meraih Peringkat Pertama Tingkat Nasional untuk Kategori Destinasi Wisata 2017 yang dikelola secara Mandiri.

Partnership YoExplore dan Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Bandung Barat 

Pada tanggal 17 Februari 2018 merupakan kunjungan keempat kali YoExplore ke Stone Garden Geopark. Tahun ini partnership antara YoExplore dan Pokdarwis Pasir Pawon memasuki babak baru. YoExplore akan  mengembangkan website dan sistem booking online Stone Garden Geopark.

Di samping mengunjungi Pokdarwis Pasir Pawon, YoExplore juga memiliki dua agenda lainnya. Salah satunya adalah memenuhi undangan Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Bandung Barat (KBB), Ibu Sri Dustirawati, Msi. Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Ibu Sekretaris Dinas Pariwisata dan Budaya KBB serta Kepala Bidang Promosi dan Kemitraan. Silaturahmi dan perkenalan resmi YoExplore dengan Dinas Pariwisata Bandung Barat merupakan awal dari kerjasama YoExplore selaku pihak swasta dan Pemerintah. Dinas Pariwisata KBB  sangat mengapresiasi jalinan kerjasama antara YoExplore dengan Pokdarwis Pasir Pawon. Dinas mengharapkan untuk kedepannya YoExplore juga turut berperan aktif dalam mempromosikan Pokdarwis- Pokdarwis yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Saat ini, ada 21 Pokdarwis yang telah terbentuk dan berada di bawah koordinasi Dinas Pariwisata dan Budaya KBB.

Pemberdayaan Pokdarwis
Silaturahmi YoExplore dengan Dinas Pariwisata & Budaya KBB

Pemberdayaan Pokdarwis untuk Meningkatkan Daya Saing Global

Tentu saja YoExplore sangat menghargai kesempatan yang diberikan untuk menjadi mitra Pemerintah dalam mengembangkan destinasi wisata di Indonesia. Khususnya dalam hal mempromosikan destinasi wisata dan atraksi wisata yang dapat menarik minat wisatawan global melalui marketplace YoExplore. Dan pengembangan website dan sistem booking online untuk meningkatkan daya saing bisnis berbasis masyarakat tersebut di sektor pariwisata. Pengembangan website dan sistem booking online tentunya akan membawa komunitas masuk ke dalam nilai rantai digital global yang tentunya akan membuka peluang pasar global. Untuk bisa mencapai daya saing tersebut, YoExplore pun memberikan pelatihan-pelatihan terkait, seperti pelatihan kewirausahaan, pelatihan strategi digital marketing, dan reputasi sistem online dan pemanfaatan sosial media.

Bentuk teknis kerjasama YoExplore dengan Pemerintah Bandung Barat serta pokdarwis lainnya akan dibahas lebih lanjut pada pertemuan berikutnya. YoExplore akan mengagendakan kunjungan berikutnya pada saat peluncuran website Stone Garden di bulan April 2018. Kiranya kerjasama antar Pemerintah, Korporat dan Komunitas ini benar-benar bisa menghasilkan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan daya saing pariwisata berbasis komunitas di Indonesia.

 

Perkenalan dengan Komunitas Cikahuripan Gebiet dan Wisata Alam Legok Cibodas

Setelah mengunjungi Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Bandung Barat, perjalanan YoExplore berlanjut dengan mengunjungi Komunitas Cikahuripan Gebiet. Yuk simak ceritanya disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *